Total Tayangan Halaman

Jumat, 17 Januari 2014

Pu-239, tentang separuh masa unsur dan kehidupan...



Pernah melihat film berjudul Pu-239? Memang film ini tidak pernah ditayangkan di bioskop, karena ini adalah film produksi HBO dan ditayangkan di HBO tentunya. Sewaktu kuliah semester awal dulu, saya sempat melihat film ini di HBO, dan saya sangat menyukai film ini karena pesan film ini, cerita, dan isinya tentang hal-hal yang berbau 'kimia', dan film seperti ini sangat jarang ada :)

Pu-239 atau judul lainnya adalah The Half Life of Timofey Berezin, salah satu film yang menceritakan tentang Timofey Berezin, seorang teknikal kimia di suatu perusahaan nuklir rahasia dari bahan utama Pu-239 (Baca : isotop plutonium 239)di Skotoprigonyevsk-16. Suatu saat, di dalam penyimpanan unsur Pu-239, ada kebocoran gas yang bisa mengakibatkan ledakan. Timofey, yang mengetahui adanya kebocoran gas tersebut berusaha untuk memperbaikinya, tetapi dia malah dikunci di dalam ruang penyimpanan tersebut, karena dikhawatirkan radiasi plutonium akan keluar. akibatnya, timofey terkena radiasi dari kebocoran gas dan unsur plutonium. Setelah kebocoran dapat diatasi, timofey diperlakukan layaknya pasien. Dimandikan, dan diukur paparan radiasi yang ada dalam tubuhnya. Tetapi ukuran REM dalam tubuhnya seperti disembunyikan hasilnya dan barang-barang yang saat itu Timofey pakai langsung disita. Timofey yang curiga langsung menanyakan berapa paparan radiasi di dalam tubuhnya, tetapi perusahaan menutupi dengan membohongi timofey bahwa paparan radiasi dalam tubuhnya hanya 100 REM, padahal yang sebenarnya adalah 1000 REM (paparan yang sudah parah, setiap sel-selnya sudah bermutasi dan mendekati kematian).


Timofey yang mengerti bahwa dirinya sedang ditipu oleh perusahaan, dia meminta pertanggungjawaban pemimpin perusahaan, namun pemimpin perusahaan mengacuhkannya karena Timofey tidak mempunyai bukti apapun untuk menuntut. Namun ternyata temannya bersimpati terhadap Timofey, dan memberinya barang-barangnya yang disita. Timofey memeriksa paparan radiasi barang-barangnya, dan dia mendapatkan bukti bahwa jam tangan peninggalan ayahnya terkena paparan radiasi sebesar 1000 REM. Timofey menyadari bahwa hidupnya tidak akan lama, dan akhirnya dia berencana untuk menyimpan bukti itu dengan menyembunyikannya di dalam tanah dan hanya anaknya yang tahu tempat itu. Timofey berencana untuk menyelundupkan unsur plutonium perusahaan dan menjualnya di moskow. Hal ini dia lakukan untuk kehidupan istri dan anak laki-lakinya setelah ia tidak ada.



Di kehidupan lain, ada seseorang bernama Shiv, seorang yang mempunyai kekasih seorang tuna susila dan mempunyai anak laki-laki. Shiv juga menyayangi kekasih dan anaknya, walaupun dia memang berurusan dengan preman-preman dan gangster. Namun Shiv juga mempunyai masalah dengan gangster dan ingin menyelamatkan kekasihnya yang bekerja dengan ketua gangster sebagai pelayannya.


Singkat cerita, mereka berdua bertemu di moskow, Timofey ingin menjual bubuk Pu yang dia curi, dan Shiv ingin menawarkan Pu itu pada ketua gangster agar mendapat bagian dari penjualan Pu. Tetapi berakhir tragis pada mereka berdua.


Inti dari film ini adalah Timofey dan Shiv yang berhati baik dan berjuang untuk membahagiakan orang-orang yang mereka sayangi, walaupun pada akhirnya mereka tidak bersama mereka.


Keluarga Timofey mendapat ganti rugi dan pindah dari daerah penghasil unsur nuklir tersebut, karena radiasi sudah menyebar (di dalam film diperlihatkan dengan berubahnya warna bunga transcendence dari biru menjadi kuning). Sedangkan keluarga Shiv, yaitu istri dan anaknya memulai hidup yang baru dengan saling menyayangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar