Total Tayangan Halaman

Jumat, 17 Januari 2014

Kimia selalu ada dalam kehidupan :D

Kata kimia memang kelihatannya menakutkan bagi sebagian orang. Seperti 'sesuatu' yang membahayakan dan menakutkan. Tahukah kamu bahwa dirimu pun termasuk bahan-bahan kimia..
keringat, enzim-enzim di tubuhmu, bahkan reaksi-reaksi di pikiranmu :)

Ketika kita memasak atau makanan yang kita makan pun juga akan mengalami reaksi kimia. Berikut beberapa hal dan reaksi-reaksi kimia yang sering kita temui dalam makanan dan masak-memasak :


1. Sayur bayam slalu diberi rempah-rempah yang sering disebut kunci. Tahukah kamu,,sayur bayam termasuk bahan yang mudah teroksidasi dan senyawa di dalam kunci adalah zat yang menhambat terjadinya oksidasi pada bayam, sehingga sayur bayam dapat bertahan lebih lama.


2. Mengapa dianjurkan untuk memberi garam di saat terakhir pada masakan? karena yodium di dalam garam yang sangat penting bagi tubuh justru akan menguap pada suhu tinggi, sehingga penambahan garam dianjurkan pada akhir memasak agar yodium tidak banyak yang menguap.


3. Merebus sayuran diharapkan saat air mendidih dan jangan terlalu lama. Mengapa? karena jika memasak dalam waktu lama, akan menyebabkan dinding sel sayur menjadi menyusut dan melepaskan asam. Hal ini akan merubah warna sayur yang hijau menjadi pudar. Selain itu, vitamin yang larut di dalam air seperti vitamin B dan C akan menguap bersama air yang mendidih.

4. Mengapa apel dan kentang cepat sekali berubah warna menjadi kecoklatan ketika telah dikupas kulitnya? Pada buah apel terdapat zat phenol dan enzim phelonase yang tersebar di bagian daging buah. Apabila apel utuh, zat phenol dan enzim phenolase tidak akan terkena udara karena tertutup oleh kulitnya. Namun apabila apel diiris kulitnya, maka bagian daging apel yang mengandung zat phenol dan enzim phenolase akan langsung terkena udara (oksigen)dan mengalami oksidasi. Enzim phenolase yang terkena oksigen akan bereaksi, sehingga menyebabkan zat phenol berubah menjadi melamin yang berwarna coklat.


Dan masih banyak yang lain. Jadi jangan mengira bahwa bahan kimia dan peristiwa kimia semua itu berbahaya loh ya ;)

Adapun bahan kimia yang berbahaya biasa disebut bahan kimia berbahaya, atau bahan kimia yang toksik (beracun), atau karsinogen (penyebab kanker). Semua itu tergantung dari penggolongan dan sifat senyawa-senyawa.

So, ...Kimia itu menarik kan? ;)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar